Minggu, 01 Mei 2016

B.indonesia (berita)

BERITA

A. Menyimpulkan Isi Berita

Berita adalah laporan yang di tulis oleh wartawan berdasarkan informasi , fakta dan data-data di lapangan. Adapun cara penyajiannya laporan di paparkan dalam beberapa paragraf yang membentuk suatu kesatuan utuh topik yang di bicarakan.

B. Menulis Kembali Berita Yang Dibacakan

Adapun yang di maksud dengan menulis kembali berita yang di bacakan adalah kegiatan mendengarkan berita yang di bacakan kemudian menuliskan kembali isi berita dalam beberapa kalimat. Perlu diingat bahwa sebuah berita yang di tulis oleh wartawan itu mencakup unsur 5W+1H ( what , who , when , where , why , how ). Maksudnya (apa) yang hendak diberitakan , (siapa) yang akan di beritakan , (kapan) terjadi kejadiannya , (dimana) terjadinya peristiwa yang hendak di beritakan , (mengapa) hal itu terjadi dan (bagaimana) terjadi.

C. Menggunakan Kalimat Berita

Kalimat berita adalah kalimat yang isinya memberitahukan atau melakukan sesuatu. Kalimat berita ada 2 jenis yakni kalimat berita positif dan kalimat berita negatif.
1. Kalimat Berita Positif , kalimat berita yang isinya menyatakan sesuatu yang positif.
Contoh :
Ani diterima di SMP Negeri.
Pak budi menjadi anggota legislatif.
2. Kalimat Berita Negatif , kalimat berita yang isi nya menyatakan sesuatu yang negatif. Kalimat berita negatif biasanya di tandai dengan kata tidak , bukan dan belum. Kalimat berita negatif disebut juga kalimat ingkar.
Contoh :
Ali tidak di terima di SMA Negeri.
Pak agus bukan anggota legislatif.

0 komentar:

Posting Komentar